Monday, March 15, 2010

sejarah SMAN 2 Semarang

ternyata oh ternyata, banyak orang yang nggak tau tentang keberadaan sekolah yang mempunyai visi "unggul dalam prestasi berwawasan iptek, seni dan imtaq" ini. setiap aku ditanya orang, entah itu dari kalangan dokter sampai kernet angkot, mereka selalu bertanya dimana SMAN 2 Semarang itu? nah disini aku mau menceritakan mengenai awal mula sekolahku tercinta ini.

Awal berdirinya SMA Negeri di Kota Semarang adalah pada tanggal 1 Agustus 1950. SMA Negeri tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu SMA Negeri bagian A dan SMA Negeri Bagian B, kedua sekolah ini menempati gedung bekas HBS (Hogere Burger School) yang berlokasi di Jalan Taman Menteri Soepeno 1 Semarang. Selanjutnya SMA Bagian A dipindah ke Jalan Pemuda 149 Semarang dan saat ini dikenal dengan nama SMU Negeri 3 Semarang.

Pada tahun 1955 SMA Negeri Bagian B dipecah menjadi dua sekolah, yaitu sekolah Negeri I bagian B, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3411/B.II tanggal 1 Djuli 1955, dengan kepala sekolah Bp. M. Kartono (dokumen di SMU Negeri 1 Semarang).SMA Negeri II bagian B, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3412/B.II tanggal 1 Djuli 1955, dengan kepala sekolah Bp. M. Abdoelmadjijd (dokumen di SMU Negeri 2 Semarang).Keduanya tetap menempati satu bangunan gedung bekas HBS tersebut.Pada tahun 1960-1961 terjadi perubahan nama dan status dari SMA Bagian B :
1. SMA Negeri I Bagian B menjadi SMA Negeri I
2. SMA Negeri II Bagian B menjadi SMA Negeri II

Pada tahun 1978, dengan adanya kebijakan pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bahwa satu gedung hanya digunakan untuk kegiatan belajar mangajar satu sekolah maka setelah gedung baru yang berlokasi di Jalan Sendangguwo Baru selasai dibangun, SMA Negeri I-II Semarang dipecah menjadi dua lokasi SMA Negeri. SMA Negeri I Semarang tetap menempati gedung bekas HBS di Jalan Taman Menteri Soepeno 1 Semarang, sedangkan SMA Negeri II Semarang dipindahkan ke Jalan Sendangguwo Baru 1 Semarang, menempati gedung baru.

Pada tahun 1982-1983 ada perubahan penomeran sekolah diseluruh Indonesia, yang semula dengan indeks angka romawi diganti dengan angka arab sehingga SMA Negeri II Semarang berubah menjadi SMA Negeri 2 Semarang.

Pada tahun 1994-1995 saat Prof. Dr. Ir. Wardiman Djojonegoro menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nama SMA berubah menjadi SMU (Sekolah Menengah Umum) maka SMA Negeri 2 Semarang berubah lagi menjadi SMU Negeri 2 Semarang.



No comments:

Post a Comment